Katalog Fashion

Katalog Fashion

Sponsored Links

Tips Meningkatkan Omzet Penjualan

Ditulis Oleh Isa Maulana Pada 21.26
Kali ini kami akan memberikan beberpa tips yang kami lakukan meningkatkan omzet penjualan baju dan produk fashion lainnya. Direct Selling... bahasa kerennya usaha yang sedang kami jalankan saat ini memang sangat bergantung pada usaha yang kami lakukan untuk banyak-banyak mendapatkan konsumen. Teorinya, penjualan hanya akan terjadi jika kita mendatangi sendiri calon pembeli secara langsung. Keterbatasan waktu dan ruang menjadi masalah bagi kami saat itu. Di tempat saya bekerja, terdapat 3 gedung utama yang terpisah sehingga tidak memungkinkan bagi kami untuk menjelajah semua gedung untuk mendapatkan peluang penjualan. Walaupun memang penjualan bisa saja terjadi dari mulut-kemulut tapi jangan pernah hanya mengandalkan katalog kita akan beredar dengan sendirinya.

Untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, kami mempunyai ide untuk merekrut 3 orang perwakilan dari setiap gedung sebagai sub-agen. Alhamdulillah, kami diberikan kemudahan saat itu, ada beberapa konsumen yang menawarkan diri menjadi sub-agen. Setelah itu, katalog-katalog kami dapat menyebar ke seluruh bagian di PT 3 gedung tersebut. Dengan mempunyai sub-agen, kami tidak perlu repot-repot lagi menawarkan produk ke setiap orang, orderan akan datang dengan sendirinya. Sebagai konsekuensinya, kami memberikan jasa sebesar 10% dari total penjualan sub-agen. Kami kira 10% persen merupakan nilai yang wajar dibandingkan dengan kenaikan omzet penjualan yang berlipat-lipat.

Setelah yakin dengan teknik diatas, terfikir untuk lebih memperluas jaringan ke PT-PT lain dengan cara yang sama yaitu merekrut beberapa sub-agen lagi. Ternyata untuk merekrut salesman di PT lain tidak semudah dengan di tempat kita bekerja. Untuk mempermudah merekrut sales agen di luar, kami membuat brosur penawaran untuk bergabung sebagai mitra kami yang berisi ajakan untuk menjual produk fashion dengan jasa 10% dari total penjualan. Dengan brosur, kita lebih leluasa menjelaskan sitem dan tata cara jual beli yang kita lakukan. Akhirnya setelah beberapa kali berusaha, mulai dari berkeliling ke PT-PT menyebarkan brisur tersebut sampai menitipkannya ditempat orang-orang nongkrong atau melakukan aktifitas, ada beberapa yang berminat. Akhirnya kami-pun memiliki perwakilan di PT lain. Tidak lama kemudian, omzet penjualan berhasil naik berlipat-lipat.

Setelah itu, ternyata obsesi ini belum terpenuhi juga, kefikiran lagi untuk memperluas jaringan ke luar kota, luar profinsi, Luar negeri... he...he... Jangan mimpi kaleeeee...! As you see... inilah yang sedang kami lakukan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan mitra usaha di luar daerah. Wish me luck....!

Selain ruang dan waktu, permasalahan lainnya adalah titik jenuh konsumen. Mau tidak mau, setiap barang atau produk yang dikonsumsi akan menemui titik jenuhnya. Teorinya sangat sulit bagi seorang konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan berkali-kali, sedangkan keinginan kita adalah mempunyai konsumen yang loyal terhadap baju, sepatu, tas dan jaket serta produk fashion lainnya yang kita tawarkan. Ternyata dengan memiliki banyak Katalog baju, sepatu, celana, busana muslim yang beredar di pasaran tidak cukup untuk menangani masalah titik jenuh tersebut.

Solusinya adalah inovasi... Ya, berinovasi untuk terus menghadirkan produk yang berbeda ke konsumen. Di luar sana masih banyak produk tas, sepatu, kaos, busana muslim yang belum mempunyai katalog. Hal tersebut kami manfaatkan untuk menyusunnya menjadi sebuah katalog kecil. Untungnya suami saya cukup pandai mendesign katalog dengan tampilan yang cukup menawan. Alhamdulillah trik untuk meningkatkan omzet penjualan yang kedua ini cukup handal mengatasi kejenuhan calon pembeli. Selain memperkaya katalog yang kita punya, untuk produk spesial ini harga jual bisa kita sesuaikan sendiri menurut kualitas dan pengorbanan yang kita keluarkan.

Menarik bukan...! Dari pengalaman kami diatas, dapat diambil kesimpulan, jika anda berminat untuk menjadi Agen atau member produk Fashion baik itu MLM Fashion atau Non MLM, maka memperluas jaringan dan inovasi menjadi hal penting dalam meningkatkan omzet penjualan.




AJID GAME
2 Juli 2013 22.04

sangat informatif

Resep Kue Lebaran
3 Juli 2013 11.41

terima kasih gan atas postingannya, sangat bermanfaat. salam sukses selalu.

Bagars Clothing
27 Desember 2013 14.05

terima kasih.

http://bagarsclothing.wordpress.com/

Asti Tada
19 Februari 2014 08.57

makasih ya ,,, PUJI TUHAN aku mulai skrngg

Poskan Komentar