Katalog Fashion

Katalog Fashion

Sponsored Links

Bisnis Fashion Online

Ditulis Oleh Isa Maulana Pada 04.36
Kali ini kami akan membahas mengenai Bisnis Fashion Online di Indonesia, sebelumnya mari kita definisikan apa yang dimaksud dengan bisnis fashion online dalam artikel ini? Bisa seseorang atau organisasi yang ingin memulai usaha menjual pakaian dan produk fashion secara online, atau perusahaan kecil, menengah maupun besar yang ingin mengembangkan pasar melalui media Internet, atau sekedar reseller atau affiliate marketing yang ingin menjual produk fashion secara Online.
Artikel akan kami batasi pada wacana Peluang Bisnis Fashion Online, termasuk didalamnya alasan teoritis yang menyimpulkan bahwa bisnis ini masih mempunyai peluang cukup besar, Persaingan Bisnis dan Bagaimana Caranya Eksis di Usaha Fashion.
bisnis fashion online

Peluang Bisnis Fashion Online Indonesia

Ide Bisnis Fashion Online bukanlah gagasan baru di Indonesia, tapi bisnis ini tetap menjanjikan. Salah satunya dikarenakan beberapa faktor sbb:

  • Adanya permintaan dari 200 Juta lebih penduduk Indonesia dikalikan 2, 3 atau bahkan tak terhingga, karena kebutuhan fashion setiap orang berbeda
  • Selalu Inovatif mengikuti perkembangan jaman
  • Adanya Pasar yang luas sehingga menjanjikan keuntungan yang berkepanjangan
  • 3 diantara 10 orang milyuner mempunyai bisnis dibidang Industri Fashion (Forbes 2011)
Adanya permintaan yang luas dan pemenuhan atas kebutuhan primer yaitu Sandang menyebabkan bisnis fashion cukup diminati tetapi tetap memiliki peluang yang cukup besar. Dengan syarat banyak kegagalan yang harus dipelajari, Perencanaan yang matang sebelum menghadapi tantangan finansial dan analisa market, kemudian kreatifitas dalam menjalankan rencana dan tentunya evaluasi terhadap persaingan.

Lalu apa yang menyebabkan Bisnis Fashion Khususnya Penjualan Online masih berpeluang di Indonesia? berikut adalah alasan teoritis yang berdasar kepada data yang telah dikumpulkan oleh beberapa narasumber:
  • Kemajuan Teknologi khususnya bidang Telekomunikasi dan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi serta Aplikasi berbasis Web (e-commerse) yang terus berkembang mendorong tumbuhnya bisnis online di Indonesia
  • Jumlah pengguna internet Indonesia yang semakin berkembang, tercatat 55 juta pengguna internet aktif
  • Jumlah ecommerse yang cenderung masih sedikit dengan penetrasi hanya 8% dari total page online
  • Di kehidupan modern yang serba instant dan serba sibuk, belanja online semakin diminati
  • Dukungan Perbankan yang memudahkan nasabahnya berbelanja online dengan aman
  • Dukungan Jasa Pengiriman yang terus membenahi servicenya

Persaingan Bisnis Fashion Indonesia

Pebisnis yang bijak selalu menjadikan pesaing sebagai tempat berkaca, dia akan selalu melihat kelebihannya, meniru bahkan berusaha lebih baik. Selain itu, banyak pesaing artinya ada value di usaha tersebut. Berbicara mengenai bisnis online, tidak terlepas dari mesin pencari google, yahoo dan bing. Melalui mesin pencari, kita dapat menganalisa berapa dan siapa pesaing kita. Saat ini terhitung 16 juta lebih website, blog, forum, akun facebook dan twitter yang sedang menjalani Usaha Fashion. Baik itu sebagai produsen, pemilik toko online, distributor, reseller atau affiliate marketer.

Beberapa nama seperti k-princess.com, toko-baju.com, female.store.co.id, pikemma.com, zalora.co.id, berada di halaman pertama (top 10) di google.co.id, artinya merekalah yang merajai bisnis fashion online di Indonesia. Rata-rata target pasar mereka adalah kaula muda kaum urban yang didominasi dengan baju dan busana ala korea, ada juga yang memasarkan produk dalam negeri khas tanah abang, dan memang sayang sekali hampir semua website menawarkan produk fashion yang berbau Korea, Jepang dan Eropa. Apakah disini anda melihat peluang? Yups, kenapa engga bersaing dengan menawarkan produk lokal dan bidik usia Dewasa, Ibu Muda dan gali sendiri ya…

Beberapa website yang mendominasi halaman pertama adalah pendatang baru, untuk itu dapat disimpulkan bahwa Peluang Usaha ini masih terbuka, asalkan cermat melihat siapa pesaing anda, bagaiman mereka mendapatkan posisi tersebut dan apa kelebihan dari bisnis online anda.

Para pesaing diatas adalah toko online yaitu pemilik atau organisasi yang menjual produk fashion sekelas Distributor, Reseller dan Affiliate. Yang membuat saya penasaran dari pencarian ini adalah hanya 180 Ribu halaman web yang mempromosikan atau memasarkan Fashion sebagai produsen. You Know what I mean…

Oke, setelah membahas mengenai Peluang Usaha Bisnis Online dan Take a look Persaingan yang ada, artikel selanjutnya akan mengulas mengenai Bagaimana Cara Eksis di Bisnis Fashion Online. So… Tunggu tanggal postingnya.
sistagan
25 Mei 2013 23.34

bisnis fashion sekarang ini memang paling dicari

Fajar Sinteniki
28 Mei 2013 18.45

Peluang Usaha Bisnis khususnya dunia fashion memang sedang marak, khususnya busana muslim dan sejenisnya namun tidak terlepas juga dengan model fashion terbaru misalnya dari korea dan lainnya. Ini sebuah peluang usaha yang cukup bagus jika kita bisa memanfaatkannya.

BisnisUKM.com
10 September 2013 15.44

Selama wanita masih hobi berbelanja, pasar bisnis fashion khususnya untuk kaum hawa masih terus akan terbuka. :)
silahkan mampir juga gan http://bisnisukm.com/
trims :)

faisal
30 Desember 2013 10.52

terima kasih infonya...
kebetulan saya sedang memulai toko fashion online juga
www.zazabusana.com

Dwi Sulistiyani
4 Maret 2014 16.52

Pembahasan yang menarik.. Dalam setiap bisnis pasti ada yang namanya persaingan, terlebih dalam dunia fashion yang selalu mengalami perkembangan.. Persaingan bukanlah sebuah penghalang untuk meraih kesuksesan melainkan sebuah tantangan untuk terus maju dan berkembang.. Regards : Fitinline..

alif griya
15 Mei 2014 09.55

Artikelnya sangat menginspirasi sekali, sukses selalu buat anda. Jika anda sedang mencari pakaian ukuran besar/jumbo, silahkan cek website kami www.jualbajuukuranbesarmurah.tokoalif.com, HP: 08122772345, jual baju besar dan murah, terimakasih.

Poskan Komentar