Katalog Fashion

Katalog Fashion

Sponsored Links

Tantangan Toko Fashion Online FemaleStore.co.id

Ditulis Oleh Isa Maulana Pada 22.50
Fashion merupakan produk yang paling banyak dibeli secara online di Indonesia, dengan share sekitar 37% dari total belanja online. Tidak heran ecommerce Indonesia diramaikan oleh Toko Fashion Online, termasuk para pendatang baru yang gencar berpromosi via media elektronik belakangan ini. Persaingan merupakan tantangan tersendiri bagi Toko Fashion FemaleStore.co.id, disamping itu, tantangan terbesar adalah menjadi Toko Online Fashion terpercaya yang mampu menawarkan produk fashion berkualitas dengan harga yang bersaing.

Female Store Review
Menurut beberapa sumber, pengguna internet Indonesia mencapai 60 Juta orang dengan beragam aktifitas yang dilakukan, mulai dari browsing, emailing, chat, social media, game, blogging, internet marketing, dll. Namun memang Online Shopper Indonesia masih jauh angkanya yang hanya 6.5% dari total Netizen dibanding dengan negara-negara berkembang lainnya di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapore misalnya.

Jumlah Online Shopper yang terbilang cukup sedikit merupakan tantangan berikutnya bagi ecommerce fashion. Sebagian besar netizen masih ragu-ragu dalam mengeluarkan uangnya berbelanja online, salah satu penyebabnya adalah tidak sedikit oknum pebisnis online yang melakukan penipuan berkedok belanja online. Toko Online FemaleStore.co.id tentu saja merupakan salah satu toko fashion online terpercaya, istri saya sendiri merupakan salah satu pelanggan setianya. Seringkali beliau belanja baju, dompet dan aksesoris fashion di FemaleStore, selain produknya yang beragam dengan harga terjangkau, pelayanan yang cepat dan tidak kalah menariknya adalah Free Ongkir, katanya. Sedangkan Netizen yang lain masih keberatan dengan ongkos kirim yang dibebankan terhadap pembelian produk yang terkadang bisa melebihi harga produk itu sendiri.

Strategi Marketing FemaleStore.co.id

Membaca beberapa review mengenai toko fashion online yang satu ini dari beberapa Majalah terkenal di Indonesia, memang sejak berdirinya sekitar tahun 2009 bisnis ini sudah dibangun dengan perencanaan yang matang. Untuk menghadapi beberapa tantangan diatas, FemaleStore mempunyai beberapa Strategi Marketing Jitu sebagai berikut:

Harga Murah dan Free Ongkir, salah satu kekuatan yang dimiliki oleh femalestore adalah bekerjasama langsung dengan produsen, sehingga harga beli produk menjadi lebih murah. Dengan demikian harga jualpun akan menjadi relatif murah.

Untuk mendorong Netizen yang masih keberatan dengan ongkos kirim, FemaleStore mempunyai senjata andalan yaitu Program Gratis Ongkos Kirim yang dapat dinikmati oleh konsumen dari Jawa dan Bali dengan hanya berbelanja minimal sebesar Rp. 50.000. Sedangkan untuk pelanggan yang berasal dari Kota Besar di Sumatera, Kalimantan dan NTB dapat menikmati free ongkir dengan berbelanja minimal sebesar Rp. 200.000. Untuk kota selain diatas, dapat menikmati fasilitas subsidi ongkos kirim sebesar Rp. 15 sampai 30 Ribu.

Premium Member Female Store
Premium Member merupakan salah satu strategi marketing yang smart, selain sebagai barometer langsung atas ketertarikan pelanggan kepada FemaleStore, sekaligus keuntungan special bagi pelanggan dengan berbagai fasilitas yang diberikan diantaranya: mendapatkan cash back 10%, mendapatkan poin belanja, dapat membeli produk yang masuk kategori khusus dan tentunya “Free Item”. 

ToteBag merupakan strategi marketing yang menarik yang dapat meningkatkan nilai emosional antara pelanggan dengan FemaleStore. Ketika melihat pertama kali belanjaan istriku dari FemaleStore yang dibungkus rapi didalam ToteBag, kesan pertama saya adalah “what a professional”. ToteBag juga mengandung pesan yang akan disampaikan oleh konsumen ke calon konsumen lainnya. Ketika salah satu member menggunakan totebagnya ke salah satu acara misalnya, saat itu juga pesannya akan sampai ke calon member yang lain. Dengan mudahnya calon konsumen tersebut melihat pesan femalestore.co.id.

Social Media, FemaleStore sadar betul akan perkembangan pengguna jejaring sosial di Indonesia. Dengan itu untuk menyampaikan pesan dan menerima feedback langsung dari customer, FemaleStore membuat Fan Page https://www.facebook.com/femalestore dan akun twitter https://twitter.com/female_store

 

Semangat Berbenah Untuk FemaleStore.co.id

Setelah membahas mengenai Tantangan Toko Fashion Online FemaleStore diatas, saatnya untuk memberikan sumbang saran yang penulis kemas dengan tema “Semangat Berbenah”. Namun saya yakin saran kecil ini tentu saja sudah ada di list improvement team management FemaleStore, namun tetap saja the best shot is from outside.

Website Interface, Daya Tarik Visual
Website sebagai senjata utama FemaleStore merupakan front line yang tentu saja harus tampil menarik, atraktif, mudah digunakan, fokus terhadap produk sekaligus informatif yang intinya adalah eye catching. Home Page yang dapat mencuri perhatian calon pembeli merupakan keharusan bagi toko online karena “Cinta Pada Pandangan Pertama” akan sangat menentukan pengunjung untuk mengetahui lebih dalam produk apa saja yang ditawarkan dan akhirnya menentukan pembelian.

FemaleStore secara umum sudah memiliki apa yang dibutuhkan oleh toko online yaitu Mudah menemukan Produk yang diinginkan (ease to navigate), pengunjung dapat dengan mudah memilih kategori produk yang dicari dengan adanya mesin pencari, segmentasi kategori yang jelas dan relevan, memberikan keleluasaan bagi calon pembeli untuk memilih berdasarkan harga, ukuran, dan warna. Tidak heran memang desain webstore yang mudah digunakan ini diback-up oleh JogjaCamp sebagai pemain lama di bidang website development.
Saran:
  • Mungkin sudah saatnya bagi FemaleStore untuk tampil beda, mengingat sudah empat tahun tidak ada perubahan yang signifikan terhadap tampilan webstore-nya. Misalnya dengan mendesign ulang tampilan website menjadi lebih minimalis (mengikuti trend e-commerce) dengan pemilihan warna background putih dan warna font hitam sehingga website terlihat clean dan fokus pada produk.
  • Setelah mendesign ulang, perbaikan selanjutnya pada banner promosi dan feature. Rupanya Banner pada halam utama sudah terkesan ketinggalan jaman. Selain grapisnya tidak terlalu atraktif, juga penempatannya yang kurang menarik.
  • Dengan design baru diharapkan femalestore juga mengembangkan website versi mobile atau smartphone. Sebagaimana diketahui 50% pengguna internet Indonesia menggunakan SmartPhone sebagai device koneksi internetnya.
Lebih Gencar Promosi
Walaupun saya yakin pelanggan setia FemaleStore tidak diragukan jumlahnya sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, namun tetap saja persaingan bisnis fashion yang belakangan ini semakin tinggi membuat bisnis apapun harus terus melakukan review dan pengembangan berkelanjutan. Terbukti dengan munculnya beberapa Toko Fashion Online dengan Budget iklan Media Elektronik dan Iklan Internet yang besar sehingga mampu menempatkan dirinya dijajaran nomor satu sebagai salah satu toko online yang banyak dikunjungi hanya dalam beberapa bulan saja.

Tentunya beriklan di media elektronik membutuhkan biaya yang sangat tinggi dan terkesan “Boros” bagi FemaleStore yang notabene adalah bisnis yang sudah established. Namun tetap saja tidak boleh memejamkan mata untuk bertahan di bisnis fashion online. Dengan memanfaatkan popularitas di jejaring sosial saya rasa sudah cukup bagi femalestore untuk tetap survive. 

Afiliasi dan Joint Venture
Saya adalah salah seorang member affiliate FemaleStore, kesan yang didapat adalah FemaleStore masih belum maksimal dalam mengelola sistem afiliasinya. Padahal program afiliasi merupakan strategi bisnis online nomor wahid. Member dengan sukarela mengiklankan produk di website mereka, fan page, tweet dan bahkan email. Dengan demikian dengan sendirinya FemaleStore akan lebih banyak dilihat pengunjung yang ujungnya adalah potensi penjualan.

Diharapkan member affiliate dibekali dengan materi promosi yang mumupuni, banner promosi yang menarik dengan berbagai pilihan produk. Widget maker mungkin akan sangat membantu, dimana member dapat memilih produk yang akan diiklankannya, dengan beberapa klik kemudian Generate dan Banner rotatorpun siap diiklankan, seperti product widgetnya amazon.com

Selain Program Afiliasi, perlu dipertimbangkan pula untuk mengembangkan joint venture, entah itu berbentuk Franchise, Distributor, atau sistem keagenan yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan sebagai penunjang distribusi produk.

Demikianlah ulasan mengenai Tantangan Toko Fashion Online FemaleStore dan langkah Strategi Bisnis untuk menghadapi tantangan tersebut agar tetap eksis di Bisnis Fashion Online dan dicintai oleh customer. Semoga FemaleStore dapat terus mempertahankan Bisnis Image yang bagus dan lebih memberikan kesempatan bagi Affiliate dan Suppliernya untuk dapat maju dan berkembang bersama.
Dark Wizard
28 Mei 2013 02.13

Bagus gan artikelnya. disertai pengalaman menjadikan artikelnya lebih berbobot. semoga menang gan :)

Isa Maulana
28 Mei 2013 12.11

Thanks Gan, mudah-mudahan... Btw blog: http://www.sharemyeyes.blogspot.com berat banget materinya Gan, Saluuut...

OM DEGE
28 Mei 2013 23.59

wow lengkap banget dan detail banget sob jadi iri :)
salam kenal sob

Eka
29 Mei 2013 12.30

Mantapz...

Isa Maulana
30 Mei 2013 19.44

Mari Sama-sama belajar Om Gede...

Hon BookStore
26 Juni 2013 10.22

Salam kenal!!

Silahkan kunjungi dan pilih2 buku di : Hon Book Store :D
Dapatkan diskon gede2an hingga 15%

http://www.honbookstore.com/

Anonim
11 Juli 2013 11.55

Review Blog Store.co.id nya Bagus. Info disampaikan dengan lengkap dan jelas.

Boleh dicoba thu review online store jakartanotebook. Dapat Samsung S4.
Cek disini dhe:
http://www.facebook.com/notes/jakartanotebookcom/kompetisi-nulis-blog-jaknot/10152781688080156

azka
20 Juli 2013 15.07

sukses untuk lombanya sobat dan salam kenal !!!

saeful fata
20 Juli 2013 15.08

semoga menang sobat.. .salam kenal!!!

Abi Rafdhi
24 Agustus 2014 16.10
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Abi Rafdhi
25 Agustus 2014 04.52

ok gan. Keren tuh infonya. Saya juga menemukan website baru yang menjual softlens x2 & acuvue dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim
Ayo cek www.lensza.co.id

Harga Herbal Ace Maxs
17 Oktober 2014 11.00

izin berkunjung dan izin nyimak gan. Kunjungi balik ya http://goo.gl/Dpt6t0

jual mesin las
24 Oktober 2014 14.35

info yg menarik, keep posting :)

Poskan Komentar